Tips Melatih Konsentrasi



Dalam bekerja maupun belajar, banyak orang yang seringkali kehilangan konsentrasi. Ketika dihadapkan pada banyak tugas dan pekerjaan, tak jarang orang yang akhirnya merasa stress dan kehilangan konsentrasi, sehingga tidak fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Mungkin Anda juga pernah mengalami hilang konsentrasi saat sedang bekerja. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk melatih konsentrasi.

Tips melatih konsentrasi
Bangun konsentrasi Anda dengan cara berikut ini:

1.    Memprioritaskan tugas
Banyak orang yang kehilangan konsentrasi karena tidak dapat memprioritaskan tugas dengan tepat. Saat memiliki banyak tugas, seseorang cenderung ingin menyelesaikan secara bersamaan. Namun, hal ini justru akan membuatnya kewalahan dan menjadi tidak fokus.
Penting bagi Anda untuk membuat prioritas tugas mana yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Jika Anda harus menyelesaikan banyak tugas, cobalah membuat prioritas tugas. Kerjakan terlebih dahulu tugas yang memiliki deadline terdekat. Hal ini bisa membuat Anda lebih fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tugas tersebut.

2.    Berikan waktu untuk istirahat
Meskipun Anda memiliki tugas dan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Otak Anda butuh istirahat yang cukup agar bisa berkonsentrasi lagi. Jika otak terus digunakan untuk bekerja, hal ini justru akan membuat Anda menjadi tidak fokus, karena kurang istirahat.
Istirahat bisa dilakukan dengan duduk santai atau tidur. Tidur memberikan pengaruh pada memori dan pembelajaran. Inilah sebabnya, orang yang kurang tidur atau kurang istirahat cenderung mengalami masalah konsentrasi atau menjadi tidak fokus saat beraktivitas.

3.    Membatasi gangguan
Cara melatih diri agar lebih berkonsentrasi yaitu menghilangkan gangguan. Hindari hal-hal yang bisa membuat konsentrasi Anda buyar, misalnya suara televisi, anak kecil bermain, gadget, dan sebagainya. Buatlah suasana di sekitar Anda tenang dan nyaman. Misalnya Anda akan nyaman jika mendengarkan musik, maka mainkan musik dan lagu-lagu yang bisa membuat Anda nyaman sehingga bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

4.    Lakukan meditasi
Cara selanjutnya untuk melatih konsentrasi yaitu melalui praktik meditasi. Kita tahu bahwa meditasi memberikan banyak manfaat bagi orang yang melakukannya. Meditasi akan membantu Anda mengurangi pikiran dan tekanan penyebab stress, dan mengarahkan pikiran kembali pada jalurnya. Sehingga meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu, meditasi juga membantu meningkatkan daya ingat sehingga membuat Anda tidak mudah lupa.

5.    Perbanyak minum air putih
Melatih konsentrasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih lebih yang cukup. Kita tahu bahwa tubuh terdiri dari sebagian besar air. Jika tubuh kekurangan cairan, dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk terjadinya penurunan konsentrasi. Dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yang sesuai, fungsi tubuh akan bekerja dengan baik.

6.    Lakukan olahraga
Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan, ketika berolahraga anggota tubuh akan banyak bergerak. Akibatnya aliran di dalam tubuh menjadi lancar. Sehingga semua organ tubuh mendapatkan suplay darah yang cukup, termasuk otak yang akan membantu Anda meningkatkan konsentrasi.
Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga, Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 15 – 30 menit per hari. Misalnya dengan bersepeda, jogging, dan jalan santai. Tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaga dan membuat Anda cepat lelah.

Nah, itulah beberapa cara untuk melatih konsentrasi sehingga apa yang Anda lakukan nanti dapat berjalan dengan lancar dan fokus.

Bagaimana jika menghadapi orang yang kurang berkonsentrasi?
Mungkin Anda pernah menghadapi siswa atau orang lain yang mengalami gangguan konsentrasi. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas yang mereka lakukan. Nah, bagaimana cara menghadapi hal tersebut? Simak tipsnya di bawah ini!

1)    Lakukan pendekatan individu
Jika Anda seorang guru, mungkin Anda pernah mendapati murid yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran. Menurut psikoloh pendidikan, Anastasia J Wulandasari salah satu cara efektif untuk meningkatkan konsentrasi siswa tersebut yaitu dengan melakukan pendekatan secara personal.
Cobalah lakukan pendekatan dan cari tahu hal apa yang membuat dia tidak fokus. Namun, jangan bertanya selama langsung mengapa dia tidak fokus. Tetapi, tugas Anda mencari tahu berdasarkan tingkah laku yang dilakukan. Sehingga Anda bisa menemukan solusi untuk membuat siswa tersebut fokus kembali.
Hal ini tidak hanya berlaku pada siswa saja. Jika Anda menemukan teman atau rekan kerja Anda yang sering kehilangan konsentrasi, Anda bisa mengamatinya. Hal apa yang membuatnya tidak fokus sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhannya dan membuatnya fokus kembali.

2)    Buatlah list pekerjaan
Konsentrasi Anda bisa terpecah ketika Anda dihadapkan pada banyak pekerjaan dalam satu waktu. Keinginan Anda untuk menyelesaikan pekerjaaan dengan cepat bisa gagal jika konsentrasi Anda tergangggu. Untuk itu, jangan membiasakan diri menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu yang justru membuat Anda tertekan dan stress.
Cobalah buat list pekerjaan, pekerjaan mana yang ingin Anda lakukan berdasarkan deadline atau tingkat kesulitan. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi dan fokues untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum berpindah menyelesaikan pekerjaan lain. Membuat list pekerjaan dapat membantu Anda melatih konsentrasi dalam jangka panjang.
Hal ini pun bisa Anda terapkan pada orang lain, misalnya siswa atau bawahan Anda. Jika Anda seorang guru, jangan memberikan tugas pada siswa dengan jumlah yang banyak. Hal ini bisa membuat mereka tertekan dan hilang konsentrasi. Begitu pula saat Anda berperan menjadi atasan perusahaan. Jangan memberikan pekerjaan pada karyawan Anda dengan jumlah yang banyak. Berikan job secara bertahap, dan biarkan karyawan Anda menyelesaikan 1 job tersebut dengan fokus sebelum memberikan job yang lain.

3)    Tanamkan keyakinan
Tanamankan keyakinan pada orang lain bahwa mereka mampu. Berikan sugesti dengan kata-kata positif yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadarnya, bahwa pekerjaan yang dihadapi bukanlah hal yang sulit. Berikan keyakinan, sehingga membuat orang lain merasa bahwa dia mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik.
Dengan menanamkan keyakinan tersebut, secara tidak langsung telah memberikan kekuatan pikiran yang memunculkan energi positif dalam dirinya. Hal ini bisa membantunya menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan fokus. Dia juga akan lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

4)    Gunakan musik
Terakhir, Anda bisa menggunakan musik sebagai stimulasi meningkatkan konsentrasi pikiran. Musik yang didengarkan dapat mempengaruhi pikiran bawah sadarnya. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan musik-musik yang bermakna positif untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar orang lain dan membantunya meningkatkan konsentrasi. Seringkali kita melihat, orang akan lebih fokus dalam bekerja ketika mendengarkan musik.

Demikanlah, tips melatih konsentrasi yang bisa Anda terapkan untuk diri sendiri maupun orang lain. Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda-beda. Sehingga cara yang Anda terapkan pada diri sendiri belum tentu berhasil diterapkan pada orang lain. Jadi, Anda harus bisa memilih dan menentukan sendiri cara yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Melatih Konsentrasi "

Posting Komentar