Terapi Gelombang Gamma dapat Meningkatkan Kewaspadaan




Otak memiliki beberapa jenis gelombang dan salah satunya adalah gelombang gamma. Gelombang gamma berperan dalam pengolahan informasi yang diterima dan membantu seseorang dalam pengambilan keputusan. Gelombang gamma memiliki frekuensi gelombang antara 25 hz - 100 hz. Namun, secara umum biasanya gelombang gamma seseorang memiliki frekuensi 40 hz.
Seseorang yang melakukan aktivitas yang menimbulkan gelombang gama, cenderung memiliki kecerdasan yang tinggi, karena otak bekerja dengan optimal. Anda bisa meningkatkan gelombang gamma dengan memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Hal ini akan membuat otak dapat bekerja secara optimal dan meningkatkan gelombang gamma.

Apa fungsi gelombang gamma sebenarnya?
Gelombang gamma berfungsi dalam memproses informasi yang akan membantu seseorang lebih waspada. Hal ini mempengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan. Gelombang ini berguna saat Anda dalam kondisi yang butuh pemikiran maupun tenaga ekstra untuk menyelesaikan sesuatu. Gamma juga berfungsi dalam keterampilan berkomunikasi secara non-verbal, seperti komunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat, kontak mata, maupun ekspresi wajah.



Terapi gelombang otak untuk kesehatan
Gelombang otak digunakan dalam bidang kesehatan untuk melakukan beberapa terapi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Terapi gelombang otak untuk penderita PTSD
PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder merupakan gangguan psikologis akibat trauma. Trauma ini disebabkan setelah seseorang mengalami kejadian atau peristiwa yang mengerikan, baik pengalaman sendiri maupun menyaksikan pengalaman mengerikan orang lain.
Gejala PTSD dapat ditandai dengan fenomena kilas balik, kecemasan yang berlebihan, mimpi buruk, hingga pikiran negatif akan ketakutan yang tidak dapat dikontrol. Kejadian buruk yang menyebabkan seseorang mengalami PTSD dapat bermacam-macam, mulai dari bencana alam, kecelakaan, kekerasan fisik, hingga kekerasan seksual.
Trauma tersebut tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Oleh sebab itu dilakukan terapi gelombang otak untuk membantu penderita yang mengalami peristiwa traumatis. Terapi ini akan memantau otak secara langsung untuk melihat aktivitas otak. Terapi ini bertujuan menghilangkan trauma pasien secara bertahap.

  1. Terapi gelombang otak untuk penderita depresi melalui meditasi
Meditasi juga bisa digunakan sebagai terapi gelombang otak. Hal ini dikarenakan meditasi dapat mengontrol gelombang otak yang Anda hasilkan. Dengan meditasi, otak dapat memproses dan menyaring segala perasaan yang terjadi, seperti rasa sakit dan perasaan depresi atau stress.
Tak hanya digunakan secara medis, meditasi juga banyak dijadikan bagian dari gaya hidup beberapa orang. Mereka merasakan manfaat dari meditasi untuk kesehatan fisik dan pikiran mereka. Gangguan mental ringan seperti cemas dan ketakutan hingga gangguan mental berat seperti depresi dapat diatasi dengan melalui meditasi. Tentunya harus dilakukan secara rutin dan bertahap.

Terapi gelombang otak bekerja dengan cara mengubah dan mengendalikan otak secara bertahap dan perlahan-lahan. Sehingga membuat pikiran lebih sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Dalam hal ini yang dikendalikan adalah brainwave (gelombang otak) yang merupakan bagian dari otak bawah sadar.


Gelombang gamma sebagai terapi melalui Audio
Gelombang gamma juga digunakan sebagai terapi yang bisa dilakukan melalui audio. Saat ini sudah tersedia suatu musik audio yang mengandung gelombang gamma. Anda bisa mendengarkan audio tersebut untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Disarankan untuk tidak mendengarkan audio gelombang gamma di jam istirahat atau menjelang tidur. Karena gelombang gamma akan mempengaruhi otak untuk bekerja, sehingga membuat Anda tetap terjaga. Hal ini tentu akan mengurangi waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk tidur atau istirahat.

Apa sajakah media yang digunakan untuk terapi gelombang otak?
Anda bisa menggunakan media player untuk memutar digital audio yang akan digunakan sebagai terapi. Anda dapat memutar file audio terapi melalui smartphone maupun perangkat komputer. Jika terapi ini dilakukan bersama-sama, Anda bisa menambahkan speaker untuk memutar audio. Namun, jika Anda ingin mendengarkan audio lebih optimal, gunakan headphone saat mendengarkan. Hal ini juga lebih mempercepat otak terstimulasi oleh audio terapi gelombang otak.

Cara sederhana memulai terapi gelombang otak
Untuk memulai terapi gelombang otak, disarankan untuk minum air putih secukupnya. Hal ini untuk meningkatkan aliran darah dan membantu otak lebih berkonsentrasi selama sesi terapi. Karena kekurangan cairan tubuh selama terapi dapat mengganggu otak dalam menerima stimulus terapi. Selanjutnya, tutup mata Anda untuk mengurangi masukkan visual yang diterima otak. Dengan mata tertutup akan membantu Anda lebih berkonsentrasi dan nyaman.

Kapan waktu yang tepat melakukan terapi gelombang otak?
Selain terapi gelombang gamma, ada beberapa terapi gelombang otak yang bisa Anda coba. Namun, karena gelombang otak memiliki jenis yang berbeda-beda, tentu Anda harus melakukan terapi atau mendengarkan audio terapi sesuai dengan waktu yang tepat. Perhatikan cara penggunaan terapi gelombang otak sebagai berikut:

  1. Terapi gelombang delta – pada saat tidur
Gunakan terapi otak gelombang delta saat Anda tidur. Gelombang otak delta akan menghypnosis pikiran Anda hingga mencapai ketenangan. Hal ini akan menjaga tidur Anda tetap terlelap. Anda juga bisa mendengarkan audio gelombang delta waktu beristirahat di sore untuk merileks-kan pikiran. Yang terpenting, jangan dengarkan audio gelombang delta pada saat sedang bekerja, karena akan membuat Anda mengantuk. Contoh produk audio yang mengandung gelombang delta yaitu Deep Sleep.
  1. Terapi gelombang beta – pada saat memulai aktivitas
Kebalikan dari audio gelombang delta yang cocok didengarkan pada saat istirahat atau tidur, gelombang beta direkomendasikan untuk didengarkan di pagi hari, saat dimana Anda akan memulai aktivitas. Hal ini bertujuan untuk menstimulus otak untuk menciptakan semangat dan pikiran yang lebih fresh. Audio yang mengandung gelombang beta contohnya Brian Booster dan Sharper Brain.

  1. Gelombang Sensori Motor Rhytm – bagi penderita autis dan anak hiperaktif
Sebenarnya gelombang Sensori Motor Rhytm (SMR) masuk ke dalam jenis gelombang beta. Namun, bagi penderita autis dan anak hiperaktif, gelombang SMR tidak dimiliki mereka. Oleh sebab itu, audio terapi gelombang SMR wajib diberikan pada anak penderita autis dan hiperaktif di pagi hari.

  1. Terapi gelombang alpha – untuk menjelang tidur
Sebelum tidur, Anda bisa mendengarkan audio gelombang alpha. Perlu diingat bahwa gelombang alpha muncul saat otak mengalami peralihan antara fase sadar ke fase tidak sadar atau tidur lelap. Mendengarkan audio ini bisa membantu Anda cepat tertidur dan merasa rileks.

  1. Terapi gelombang theta – pada saat tidur ringan
Terapi gelombang theta bukan membantu Anda tidur lelap. Artinya terapi ini hanya sebatas rileksasi otak atau pikiran, tidak sampai tertidur. Terapi ini hampir sama seperti saat Anda melakukan meditasi. Mata terpejam dan tubuh merasa rileks seperti tertidur, namun Anda masih memiliki kesadaran. Terapi gelombang theta cocok dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Itulah penjelasan mengenai terapi gelombang gamma untuk meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas kinerja. Selain itu, Anda juga bisa mencoba terapi gelombang otak lainnya sesuai kebutuhan untuk memperbaiki pikiran dan kesehatan mental.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terapi Gelombang Gamma dapat Meningkatkan Kewaspadaan"

Posting Komentar