Teknik Visualisasi untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik




Selain memanfaatkan gelombang otak atau brainwave, ada kekuatan luar biasa dari pikiran yaitu visualisasi. Teknik visualisasi dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi berbagai masalah emosional. Visualisasi pikiran kerap dijadikan sebagai sebuah terapi yang dapat mengubah emosi negatif menjadi positif. Seperti apakah teknik visualiasasi pikiran? Simak ulasan teknik visualisasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan memanfaatkan pikiran sebagai berikut.

Sekilas tentang Visualisasi
Visualisasi merupakan sebuah perwujudan keinginan manusia yang berasal dalam pikiran bawah sadar. Dengan kata lain, visualisasi digambarkan sebagai suatu angan-angan atau aktivitas membayangkan sesuatu yang kita inginkan. Sebagai contoh, ketika Anda menginginkan suatu hal, maka secara tidak sadar pikiran alam bawah sadar Anda akan menggambarkan keinginan tersebut. Misalnya Anda menginginkan mobil mewah, maka hal yang muncul dalam angan-angan Anda adalah sebuah mobil mewah.

Bagaimana visualisasi dapat mengubah pribadi menjadi lebih baik?
Visualiasi merupakan penggambarkan dalam pikiran bawah sadar kita sesuai apa yang kita pikiran dan kita inginkan. Artinya jika Anda memikirkan sesuatu yang indah atau hal-hal positif, maka pikiran bawah sadar akan memunculkan hal-hal yang indah dan positif pula. Begitu pula sebaliknya, jika Anda memikirkan hal-hal negatif, maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan hal negatif pula. Dengan gambaran positif yang muncul, maka secara otomatis akan memperkuat pikiran positif dalam diri Anda. Hal tersebut akan menciptakan kondisi pikiran yang sejahtera dan damai. Sehingga secara bertahap dapat mempengaruhi kepribadian Anda, baik melalui tingkah laku maupun cara berpikir.

Teknik Visualisasi
Berikut ini cara melakukan teknik visualisasi pikiran dengan tepat agar membentuk pribadi yang lebih baik.

1)    Lakukan relaksasi tubuh dan pikiran
Untuk melakukan teknik visualisasi, lakukan dulu relaksasi pada tubuh dan pikiran. Hal ini karena, visualisasi yang akan Anda lakukan tidak akan berjalan dengan baik apabila pikiran dan fisik Anda dalam kondisi tegang. Ada banyak cara untuk merilekskan pikiran dan tubuh, salah satunya dengan mendengarkan musik di tempat yang membuat Anda nyaman dan pastikan tidak ada hal-hal yang mengganggu.
Ketika Anda berada pada kondisi yang nyaman dan tenang, maka pikiran Anda sedang memasuki daerah kreativitas dan merangsang pikiran positif dan memunculkan keyakinan baru, serta siap memprogram pikiran bawah sadar dengan hal positif. Saat itu pula, pikiran Anda telah terbuka dan siap untuk dimasuki hal-hal positif.

2)    Tegaskan tujuan Anda
Setelah Anda mendapatkan ketenangan batin dan fisik, selanjutnya ingat kembali apa tujuan yang ingin Anda capai. Tegaskan tujuan Anda seara spesifik, untuk mempermudah proses visualisasi. Hal ini sebagai langkah memberikan motivasi pada diri Anda untuk mewujudkan tujuan Anda.

3)    Buatlah gambaran pada pikiran Anda
Jika Anda sudah menentukan satu tujuan yang Anda inginkan, saatnya melakukan visualisasi atau menggambarkan tujuan Anda melalui pikiran. Cobalah barkan pikiran melukiskan apa yang Anda inginkan secara jelas, seolah-olah tujaun Anda sudah tercapai. Hal ini akan membuat pikiran bawah sadar Anda menerima visualisasi sebagai pesan yang akan tersimpan.

4)    Ulangi visualisasi
Terakhir, ulangi langkah-langkah visualisasi seperti di atas secara berulang-ulang. Visualisasi tidak akan berhasil mengubah pribadi kita, jika hanya dilakukan hanya sekali. Maka dari itu, ulangi berkali-kali teknik visualisasi sehingga pikiran bawah sadar menggambarkan tujuan Anda secara nyata di dalam pikiran. 

Itulah keempat teknik visualisasi yang bisa Anda terapkan, sehingga membawa Anda menjadi pribadi yang lebih baik dengan hal-hal positif.

Visualisasi Harapan di Pagi Hari
Apa yang biasa Anda lakukan di pagi hari? Sebagian orang memulai pagi mereka dengan makan-makanan lezat. Tak jarang juga yang memulai pagi dengan duduk terdiam, memejamkan mata, kemudian melakukan visualisasi harapan dan tujuan untuk jangka pendek maupun panjang. Melakukan visualisasi harapan di pagi hari sangat baik bagi Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang visualisasi harapan di pagi hari.

  1. Pagi hari merupakan waktu yang tepat
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai visualisasi. Hal ini dikarenakan, pagi hari merupakan waktu awal untuk menjalani aktivitas. Melakukan visualisasi harapan di pagi hari, bisa membuat pikiran Anda lebih terfokus pada tujuan yang ingin dicapai.
Cara tersebut juga sebagai bentuk untuk melakukan motivasi diri agar lebih produktif dalam bekerja. Melakukan visualisasi artinya mengaktifkan alam bawah sadar, memasukkan energi positif harapan baik, sehingga alam bawah sadar menjadi lebih reaktif. Hal ini juga bisa menolong Anda untuk lebih bisa mengendalikan diri dalam menjalani keadaan yang sulit.

  1. Visualisasi sebagai bentuk latihan kekuatan otak
Visualisasi yang Anda lakukan juga akan membantu Anda meningkatkan kekuatan otak. Dengan mengizinkan pikiran bawah sadar terbuka dan menerima hal-hal positif, maka yang tersimpan dalam otak adalah hal positif. Hal ini bisa memberikan kekuatan pada otak.

  1. Visualisasi bukan berkhayal
Jangan menganggap visualisasi sama seperti sedang berkhayal, meskipun keduanya sama-sama menggunakan imajinasi.  Perlu Anda pahami, visualisasi menggunakan imajinasi untuk menyusun strategi dan memberikan kekuatan pada pikiran untuk membantu mewujudkan impian tersebut. Sementara, berkhayal menjadikan imajinasi sebagai bentuk kesenangan semata, dan membiarkan pikiran berkelana liar tanpa tujuan.
Pada praktiknya, melakukan visualisasi pada tahap pemula bisa membuat seseorang justru berkhayal. Jika Anda juga mengalami hal sama, tidak masalah. Karena visualisasi tidak dapat dilakukan hanya dalam sekali percobaan. Butuh kebiasaan berulang-ulang agar visualisasi tidak menjadi berkhayal.

  1. Visualisasi sebagai cara mereprogram alam bawah sadar
Saat Anda melakukan visualisasi, sebenarnya Anda sedang memprogram alam bawah sadar. Ketika Anda memvisualisasi keberhasilan dari tujuan Anda, pikiran bawah sadar akan menerima keberhasilan tersebut dan menyimpan dalam memori. Artinya pikiran bawah sadar Anda telah memprogram keberhasilan seperti yang Anda harapkan. Hal ini bisa menghilangkan keraguan yang ada dalam diri Anda, dan perlahan berganti dengan kekuatan keyakinan bahwa Anda dapat meraih keberhasilan. 

  1. Visualisasi membuat diri semakin semangat
Visualisasi akan membantu meningkatkan semangat dan daya juang dalam diri Anda. Pikiran bawah sadar sudah menerima apa yang Anda visualisasikan dan membuat otak merekam apa yang Anda visualisasikan. Hal ini akhirnya akam memunculkan kekuatan dan keyakinan dalam diri Anda untuk lebih semangat mewujudkan harapan Anda.
Ketika Anda memiliki semangat untuk mewujudkan impian Anda, maka segala sesuatu yang terjadi akan menjadi lebih mudah. Berbagai masalah dan rintangan yang Anda hadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Lakukan visualisasi dengan tepat dan berkelanjutan untuk membantu mewujudkan impian Anda. Itulah teknik visualisasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan hal positif untuk dirimu dan pikiranmu agar bisa menarik energi positif dari lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Visualisasi untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik"

Posting Komentar