Teknik Meditasi




Beberapa orang mengaitkan meditasi dengan hal yang berkaitan dengan spiritual. Sebenarnya meditasi bukan hanya berkiatan dengan spiritual agama tertentu, tetapi dijadikan sebagai bagian dari pola hidup manusia. Meditasi bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Anda pun dapat melakukan meditasi setiap saat. Apakah Anda tertarik untuk melakukan meditasi? Simak teknik meditasi sebagai berikut.

Sekilas tentang meditasi
Kegiatan melatih fokus pikiran sehingga dapat membuat pikiran tenang, pikiran jernih, dan kedamaian disebut sebagai meditasi. Anda bisa melakukan meditasi dengan dukuk tenang dan mengatur pernapasan selama kurang lebih 10 - 20 menit bagi pemula. Anda juga bisa meningkatkan durasi meditasi jika sudah terbiasa melakukan hal ini. Meskipun demikian, sebenarnya meditasi tidak harus dilakukan dengan sikap duduk diam di ruangan tertentu. Praktik meditasi sebenarnya dapat dilakukan dimasa saja, misalnya di pinggir jalan sambil menunggu kendaraann, di dalam mobil saat macet, saat sedang berjalan kaki, dan sebagainya.

Cara kerja meditasi
Praktik meditasi dikaitan dengan kesehatan mental. Hal tersebut memang benar, karena meditasi merupakan salah satu terapi yang dapat meningkatkan kesehatan menta, seperti stress dan gangguan kecemasan. Mengapa hal ini terjadi?
Ketika pikiran mengalami stress, maka secara otomatis tubuh akan meresponnya dengan cara melepaskan hormon epinefrin dan norepinefin yang mengakibatkan meningkatnya aliran darah, detak jantung, dan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini tentu akan semakin mengganggu kesehatan mental dan fisik Anda. Praktik meditasi dapat membantu menurunkan detak jantung dan menormalkan aliran maupun tekanan darah. Jika organ tubuh bekerja dengan normal, maka akan mengurangi tingkat stress dan membuat pikiran lebih tenang.

Manfaat melakukan meditasi
Meditasi bermanfaat dalam berbagai kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik secara keseluruhan. Dengan melakukan meditasi, tubuh akan lebih tenang dan seimbang, sehingga menurunkan risiko terkena masalah kesehatan. Melakukan meditasi secara rutin dan konsisten akan memberikan beberapa manfaat yang akan Anda rasakan, diantaranya:
  • Mengatasi kecemasan, stress, dan depresi.
  • Mengurangi kecandun terhadap nikotin atau rokok, obat-obatan, serta minuman keras.
  • Meghilangkan rasa nyeri tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah tiggi.
  • Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan.
  • Meningkatkan fokus dalam bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Mengurangi emosi negatif.
  • Membantu mengelola stress, dengan memunculkan sisi positif dari stress.

Teknik melakukan meditasi
Meditasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun teknik meditasi yang umum dilakukan dan bisa Anda coba sendiri dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  1. Fokuskan pikiran
Untuk melakukan meditasi, cobalah untuk memfokuskan pikiran Anda pada satu objek. Sata pikiran melayang kemana-mana memikirkan banyak hal, cobalah lepaskan hal-hal yang Anda pikirkan tersebut, dan fokus pada satu hal. Umumnya, orang yang melakukan praktik meditasi akan berfokus pada pernapasan. Anda juga bisa menggunakan pernapasan sebagai fokus meditasi, dengan mengamati keluar masukknya napas. Hal ini akan membuat hal-hal yang Anda pikirkan sebelumnya, yang menyebabkan stress dan tekanan akan hilang perlahan, karena Anda fokus pada pernapasan.

  1. Ambil posisi duduk tenang
Anda bisa memulai meditasi dengan posisi duduk tenang di suatu ruangan. Bagi pemula, pilihlah tempat yang benar-benar memberi Anda ketenangan dan terhindar dari berbagai gangguan suara maupun orang-orang di sekitar. Jika Anda sudah terbiasa melakukan meditasi, Anda bisa melakukan meditasi dengan berbagai cara, tidak harus dengan duduk. Anda dapat melakukan meditasi dengan posisi berjalan, berdiri, maupun ditengah kemacetan.

  1. Atur pernapasan
Langkah selanjutnya yaitu mengatur pernapasan, sehingga pernapasan menjadi lebih tenang, sehingga memudahkan Anda untuk berkonsentrasi. Tarik napas perlahan-lahan, lalu keluarkan secara perlahan pula. Sadari keluar masukkan napas, sehingga pikiran lebih terfokus pada pernapasan. Pernapasan yang teratur, bisa mensuplay oksigen ke paru-paru lebih banyak.

  1. Mulailah tenangkan pikiran dan bermeditasi
Melalui perhatian pada pernapasan, semakin lama Anda akan memperoleh ketenangan. Saat inilah mulailah untuk melakukan meditasi secara lebih mendalam. Anda bisa melakukan meditasi di dalam ruangan secara individu maupun bersama kelompok meditasi. Jangan memikirkan bagaimana cara melakukan meditasi yang sempurna, karena hal ini justru membuat Anda menjadi tidak tenang.
Bermeditasilah sesuai kenyamanan Anda, misalnya dengan duduk bersila, pejamkan mata, dan memperhatikan napas. Untuk pemula, Anda bisa melakukan meditasi dengan cara ini sekitar 10 – 15 menit. Anda bisa menambah durasi meditasi sesuai dengan kemampuan Anda nantinya.

Itulah beberapa teknik meditasi secara umum yang bisa Anda praktikkan.

Bagaimana cara melakukan meditasi jalan?
Setelah Anda terbiasa melakukan meditasi duduk, dan pikiran Anda sudah mulai tenang ketika memulai meditasi. Anda bisa mengganti teknik meditasi dengan posisi lain, misalnya berjalan. Bagaimana caranya? Anda bisa berjalan di tempat yang cukup sepi, tidak ada kendaraan yang lalu lalang atau gangguan lain. Kemudian fokuskan pikiran pada pergerakan kaki saat melangkah. Pastikan tidak melangkah secara perlahan sehingga bisa mengamati setiap pergerakan yang Anda lakukan.
Hal ini agak berbeda saat Anda melakukan meditasi duduk. Saat Anda melakukan meditasi berjalan, objek yang Anda gunakan adalah pergerakan kaki bukan lagi pernapasan. Anda juga tidak perlu memejamkan mata saat melakukan meditasi jalan. Jika Anda sudah terbiasa melakukan meditasi jalan di tempat sepi, Anda bisa melakukan meditasi jalan dimana saja. Misalnya di mall, trotoar, taman kota dan sebagainya. Pastikan disesuaikan dengan keadaan sekitar, sehingga tidak mengganggu orang-orang sekitar. Tidak harus berjalan pelan sata melakukan meditasi jalan, namun menyadari bahwa Anda sedang berjalan dan meningkatkan kewaspadaan saat berjalan sudah termasuk meditasi berjalan.

Bentuk meditasi lain dalam kehidupan sehari-hari
Selain melakukan meditasi duduk atau berjalan, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain dengan bermeditasi. Meditasi adalah cara memfokuskan pikiran pada satu objek, seperti pernapasn maupun pergerakan kaki. Namun, Anda juga bisa memfokuskan pikiran pada hal lain, tergantung hal yang Anda jadikan objek meditasi, misalnya membaca buku. Membaca buku dan merefleksikan bacaan dalam diri Anda merupakan bagian dari meditasi.
Tak hanya itu, Anda juga bisa bermeditasi dengan objek berupa musik. Fokuskan pikiran dengan mendengarkan musik, sehingga pikiran menjadi tenang dan damai. Hal ini juga termasuk dalam meditasi, karena Anda memusatkan pikiran pada satu objek yaitu musik. Jadikan meditasi sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari, membantu Anda mendapatkan konsentrasi dalam berbagai aktivitas.
Ingat, bahwa meditasi bukan mengacu pada ritual agama tertentu, namun dapat dilakukan secara umum. Untuk memudahkan konsentrasi dalam bermeditasi, sebelum memulai meditasi, jangan lupa baca doa sesuai keyakinan masing-masing. Hal ini membantu Anda mempersiapkan diri melakukan meditasi.

Demikianlah ulasan teknik meditasi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Lakukan praktik ini sebagai kebiasaan dan menjadi bagian dari pola hidup. Selain mendapatkan ketenangan pikiran, meditasi juga membantu Anda menjaga kesehatan fisik dan mental.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Meditasi"

Posting Komentar