Pentingnya Merawat dan Menjaga Pikiran




Tubuh perlu dirawat agar tetap sehat. Tak cukup hanya dengan merawatnya saja, namun kesehatan tubuh juga perlu dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Begitu pula dengan pikiran yang perlu dirawat dan dijaga. Merawat tubuh dan pikiran sebenarnya prinsipnya sama yakni membersihkan kotoran. Hanya saja kotoran yang dibersihkan berbeda.
Tubuh perlu dirawat dan dibersihkan dari kotoran yang berasal dari debu dan bakteri. Sementara pikiran dibersihkan dari pemikiran negatif yang bisa menimbulkan gangguan psikologis.

Pentingnya Merawat dan Menjaga Pikiran
Pikiran menjadi sumber segala sesuatu yang akan terjadi atau pikiran diibaratakan sebagai pelopor fenomena yang terjadi di sekitar kita. Pikiran mempelopori segala hal yang akan kita lakukan nantinya. Menjaga pikiran tetap sehat akan membantu menjaga fisik menjadi sehat pula. Saat pikiran Anda sakit, fisik akan cenderung merasakan sakit. Itulah mengapa pikiran perlu dijaga dan dirawat untuk mendukung jiwa kita tetap sehat.
Menjaga dan merawat pikiran dengan baik dapat menciptakan kondisi batin yang damai dan tenang. Perasaan damai dan tenang inilah yang akan menjadi sumber kebahagiaan secara lahir dan batin. Kebahagiaan yang kita rasakan bermula dari pikiran kita sendiri. Jika kita memberikan makanan pada pikiran dengan hal-hal positif, maka pikiran akan tetap sehat.

Bagaimana Cara Menemukan Kebahagaiaan Pikiran?
Setiap orang mungkin memiliki standar kebahagiaan yang berbeda-beda. Namun, untuk kebahagiaan pikiran hampir semua orang akan mendefiniskan bahwa kebahagiaan pikiran yaitu ketika pikiran damai, tenang, dan bebas dari tekanan. Kebahagiaan pikiran ini bisa Anda temukan dengan cara:

  1. Berusaha menerima segala keadaan
Menolak keadaan bisa membuat kita lebih menderita. Terkadang ada beberapa hal yang terjadi di dunia ini dan tidak dapat kita tolak. Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah menerimanya. Keadaan baik maupun buruk, mulailah menerimanya dengan ikhlas.

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan
Biarkan pikiran Anda damai dan merasakan kebahagian dengan cara mendengarkan musik yang menenangkan. Selain dapat menemukan kebahagiaan, cara ini juga bisa menjadi untuk menjaga pikiran agar tetap tenang dan rileks.

  1. Jalan-jalan menikmati alam
Alam bisa memberikan efek menenangkan bagi pikiran. Tak ada salahnya untuk sesekali berlibur di tengah kesibukan Anda. Carilah tempat yang menyajikan pemandangan alam yang indah, sejuk, dan menenangkan. Cara ini bisa menjadi salah satu cara memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental.

  1. Tersenyum
Fisik dan otak merupakan dua hal yang saling mempengaruhi.Ketika Anda tersenyum bahagia, otak akan menerima sinyal dari senyuman tersebut dan meresponnya dengan bahagia. Respon otak terhadap senyuman adalah tenang dan damai.

  1. Berbagi
Kebahagiaan pikiran juga bisa ditemukan melalui berbagi. Perbuatan baik ini selain bermanfat bagi diri sendiri, juga bermanfaat bagi orang lain. Selain diri kita berbahagia, tentu orang yang menerima pemberian kita pun akan berbahagia. Berbagai tidak harus dilakukan dengan materi (benda atau uang), Anda juga bisa berbagai tenaga, kepedulian, perhatian, dan kasih sayang kepada orang lain.

  1. Berpikir positif
Kondisikan pikiran untuk senantiasa berpikir positif, karena ini merupakan kunci utama kebahagiaan. Pikiran positif menciptakan ketenangan dan kedamaian pikiran. Menjaga pikiran yang paling utama yaitu dengan cara berpikir positif setiap saat.

Langkah Penting Menjaga Pikiran secara Berkelanjutan
Menjaga pikiran perlu dijaga secara berkesinambungan, agar kedamaian pikiran bisa dirasakan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pikiran.

  • Jaga kedamaian batin Anda sendiri
Temukan kedamaian Anda dengan cara Anda sendiri. Misalnya dengan mencari tempat-tempat atau melakukan suatu aktivitas yang bisa menyejukkan dan menyegarkan jiwa Anda. Anda bisa menenangkan pikiran atau bermeditasi untuk merilekskan pikiran. Bermeditasi juga membantu Anda mengatasi masalah kecemasan dan stress.
Lakukan latihan meditasi tidak hanya satu kali. Namun, Anda perlu melakukannya secara rutin, misalnya 15 – 30 menit setiap hari. Latihan ini perlu dilakukan secara berkesinambungan agar kedamaian batin yang sesungguhnya dapat Anda rasakan.

  • Sembuhkan diri dari gangguan mental
Gangguan mental bukan berarti gila, tetapi merujuk pada gangguan mental seperti stress, depresi, atau trauma. Jika Anda mengalami masalah trauma, jangan ragu untuk menghubungi psikiater atau psoikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Akan sangat sulit mencapai kedamaian batin jika mental masih mengalami gangguan. Lakukan pemulihan mental Anda secara medis terlebih dahulu.

  • Sabar
Butuh kesabaran untuk merasakan kedamaian batin dan kebahagiaan. Jika Anda belum merasakan kedamaian batin seperti yang Anda inginkan, jangan menyerah. Terus kondisikan pikiran agar berpikir positif dan menarik energi positif. Ingat, kedamaian batin tidak terjadi secara instan, butuh latihan yang konsisten dan kesabaran.

  • Menyadari setiap kejadian
Sadar dan waspada pada setiap kejadian yang terjadi. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan menyadari fenomena yang terjadi di sekeliling Anda, maka Anda bisa lebih siap dalam menanggapi masalah. dan menyelesaikannya.

Jaga Kesehatan Otak Demi Kedamaian Pikiran
Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak akan semakin menurun. Menjaga kesehatan otak sangat penting guna menjaga pikiran tetap damai dan tenang. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak.

  1. Buat pikiran tetap aktif
Jangan biarkan pikiran Anda pasif atau tidak melakukan apa-apa. Asah pikiran agar terus berpikir positif melalui ide, gagasan, inspirasi, hingga keterampilan yang bisa mengasah kemampuan otak.

  1. Melakukan latihan fisik
Untuk menjaga kesehatan otak, Anda juga dapat melakukannya dengan cara melakukan latihan fisik secara teratur, misalnya berolahraga. Melakukan aktivitas fisik yang Anda sukai bisa mengurangi tingkat stress dan merefreshkan kembali pikiran Anda.

  1. Dukung dengan mengonsumsi makanan sehat
Tak hanya berkhasiat untuk kesehtan badan jasmani saja, akan tetapi makanan sehat juga bisa meningkatkan kesehatan dan kemampuan fungsi otak. Otak yang sehat akan mempengaruhi kualitas seseorang dalam berpikir.

  1. Rileksasi dengan musik
Tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mental, mendengarkan musik rileksasi juga bisa meningkatkan daya ingat. Mendengarkan musik rileksasi ini diibaratakan sedang men-charger pikiran. Sehingga pikiran menjadi lebih fresh dan fokus.


  1. Bersosialisai dengan orang-orang positif
Aktif bersosialisasi juga akan meningkatkan kesehatan dan daya ingat otak. Bersosialisalilah dengan orang-orang yang memberikan dampak positif dalam hidup Anda. Carilah teman yang bisa membuat Anda merasa damai dan bahagia.
Itulah kelima cara meningkatkan kesehatan otak yang sebenarnya juga berpengaruh pada kebahagiaan pikiran.

Rawat dan jagalah pikiran Anda dengan baik, agar tetap sehat dan tidak terpengaruh pada hal-hal negatif. Pikiran yang sehat memberikan dampak positif dalam berbagai aspek. Mulai peningkatan daya ingat, memperbaiki suasana hati, hingga mencapai kedamaian dan kebagaiaan. Semoga ulasan di atas bermanfat dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Merawat dan Menjaga Pikiran"

Posting Komentar