Menunggu itu Membosankan? Lakukan Tips Ini!




Menunggu adalah sesuatu yang membosankan, begitulah anggapan sebagian besar orang. Banyak orang yang enggan menunggu karena hal tersebut merupakan hal negatif yang bisa merusak mood nya. Namun, tahukah Anda, menunggu tidak selamanya buruk. Anda bisa mengambil sisi positif dan melakukan banyak hal positif  disaat menunggu sehingga tidak membosankan. Dengan memanfaatkan alam bawah sadar, menunggu yang Anda lakukan bukanlah yang menyebalkan.

Gunakan kebosanan sebagai kondisi untuk menemukan hal penting
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa jika Anda tidak memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk merasakan bosan, maka kita tidak akan tahu bahwa ada hal luar biasa di balik kebosanan tersebut. Mungkin kita akan kehilangan moment untuk menemukan sesuatu yang penting. Inilah sebabnya, sebenarnya kebosanan yang Anda rasakan baik dalam hal menunggu atau hal lainnya adalah penting.
Saat Anda sedang menunggu seseorang yang tak kunjung datang, tentu hal ini akan menciptakan kebosanan sekaligus rasa kesal. Namun, jangan langsung menghakimi bahwa menunggu itu membosankan. Cobalah menyadari bahwa rasa bosan yang timbul dari menunggu ini bisa Anda manfaatkan untuk hal lain. Tahukah Anda, ketika sedang bosan, Anda sedang berada pada kondisi pikiran kosong atau rileks.
Saat itulah, Anda bisa mengaktifkan pikiran bawah sadar dan membiarkan otak menjelajah menemukan kreativitas. Saat bosan menyerang Anda, justru ide-ide kreatif yang tidak terpikirkan sebelumnya akan muncul. Jadi, saat Anda merasa bosan jangan langsung menganggapkan sebagai hal buruk. Biarkan pikiran Anda menjelah dan menemukan ide-ide cemerlang.

Menunggu adalah waktu yang tepat untuk mengakses alam bawah sadar
Ketika Anda sedang menunggu dalam waktu yang lama, kebosanan cenderung akan menyerang Anda. Saat hal tersebut terjadi, wilayah bawah sadar Anda dalam kondisi tidak terkekang. Bisa dikatakan bahwa "alam bawah sadar lebih bebas". Seorang Psikolog Sandi Mann dan Rebekah Cadman mengungkapkan bahwa kunci untuk berpikir kreatif adalah memiliki waktu santai dan membiarkan pikiran melayang. Kapan waktu santai tersebut terjadi? Jika Anda selalu disibukkan dengan pekerjaan, maka waktu menunggulah adalah waktu yang santai untuk membiarkan pikiran Anda melayang.
Jika selama ini Anda menggunakan waktu menunggu untuk mengakses media sosial, dengan tujuan mengusir kebosanan. Cobalah mengganti kebiasaan tersebut dengan membiarkan pikiran mengkhayal dan menciptakan ide kreatif. Mengkhayal hal-hal positif memungkinkan seseorang mengakses kembali memori lama atau menyimpan memori baru dengan hal positif di dalam alam bawah sadar. Ketika seseorang sedang bosan, otak akan cenderung mengingat kembali kenangan lama yang mungkin Anda lupakan dan menghubungkan ide-ide kreatif.

Kebosanan menunggu akan mendorong Anda lebih produktif
Saat Anda menganggap bahwa menunggu itu membosankan, hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Menunggu bisa menjadi menyenangkan jika Anda bisa memanfaatkan pikiran dan alam bawah sadar mengambil kesempatan itu dengan hal positif. Menurut asisten profesor filosofi, Andreas Elpidorou mengatakan bahwa kebosanan akan membantu Anda memulihkan persepsi bahwa aktivitas seseorang sangat penting dan bermakna. Kebosanan merupakan situasi yang dibutuhkan oleh seseorang untuk membangkitkan kembali memotivasi dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Jangan jadikan kebosanan sebagai hal yang ditakuti
Jangan menganggap kebosanan akan membuat Anda semakin buruk sehingga Tidak semua kebosanan harus ditakuti dan harus dihindari. Selama Anda bisa mengontrol diri menanggapi kebosanan, maka kebosanan yang terjadi tidak akan berdampak buruk. Namun, jika Anda sering mengalami kebosanan hingga tingkat kronis yang akhirnya membuat Anda tidak mampu mengatasinya, maka hal inilah yang berbahaya. Kebosanan dapat menganggu kesehatan fisik dan mental jika tidak segera di atasi.

Tips atasi kebosanan saat menunggu
Jika Anda mulai bosan saat sedang menunggu, cobalah lakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Alihkan rasa bosan memanfaatkan alam bawah sadar untuk melihat sisi positif dari menunggu. Sehingga waktu yang Anda gunakan untuk menunggu menjadi tidak membosankan. Nah, berikut ini beberapa tips mengatasi rasa bosan saat menunggu yang bisa Anda lakukan.

  1. Jalan-jalan
Saat Anda mulai merasa jenuh karena menunggu, cobalah jangan hanya duduk saat menunggu. Anda bisa menyegarkan pikiran dengan jalan-jalan sebentar daripada duduk diam yang membuat Anda merasa tambah bosan. Jalan-jalan bisa membuat pikiran lebih fresh, sehingga menghilangkan rasa bosan. Jika memungkinkan, usahakan tidak menunggu di dalam ruangan. Cobalah keluar ruangan, untuk menghirup udara sejuk dan melihat pemandangan alam. Hal ini bisa membuat Anda lebih fresh dan terhindar dari rasa bosan.  

  1. Membaca
Bagi Anda yang hobi membaca, cobalah isi waktu menunggu Anda dengan membaca buku-buku yang Anda sukai. Mulai dari novel, komik, dan bacaan lain untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa bosan ke hal lain yang lebih menyenangkan. Dengan membanca buku, secara tidak langsung akan membuat Anda memasuki cerita dalam buku yang Anda baca. Hal ini membuat Anda melaupakan rasa bosan akibat menunggu, karena Anda menikmati cerita di dalam buku tersebut.

  1. Mendengarkan musik favorite
Anda juga bisa mendengarkan musik favorite untuk mengatasi kebosanan. Musik merupakan hiburan ringan yang efektif untuk mengusir kebosanan. Bahkan efek dari musik bisa mempengaruhi gelombang otak manusia yang menimbulkan respon sesuai dengan musik yang Anda dengarkan. Dengan menikmati musik, pikiran akan lebih tenang dan waktu terasa berlalu lebih cepat. Hal ini akan membuat rasa bosan yang Anda alami akibat menunggu menjadi tidak berarti, karena Anda menikmati musik.

  1. Melakukan meditasi
Pernahkah Anda berpikir untuk melakukan meditasi saat sedang bosan? Meditasi dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bosan. Saat Anda sedang menunggu seseorang, hingga membuat Anda bosan, cobalah melakukan meditasi selama waktu menunggu tersebut.
Tak harus dilakukan di ruangan tertutup, Anda bisa melakukan meditasi di tempat-tempat umum atau tempat Anda menunggu seseorang. Cobalah duduk senyaman mungkin. Tenangkan pikiran dan fokus pada pernapasan. Hal ini bisa membantu Anda mengusir kejenuan dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Bukan hanya itu saja, meditasi juga bisa menyinkirkan prasangka buruk karena menunggu, dan membuat pikiran lebih berpikir positif.

  1. Makan
Jika orang yang Anda tunggu tak kunjung datang dan membuat Anda bosan, cobalah untuk mengatasi rasa bosan tersebut dengan makan. Belilah makanan favorite Anda dan makanlah disaat Anda sedang menunggu. Menunggu mungkin akan membuat Anda tertekan bahkan stress, untuk mengurangi stress Anda bisa makan cokelat. Cokelat mengandung zat yang bisa membantu mengurangi stress.

Jika Anda menganggap menunggu itu membosankan, cobalah lakukan tips di atas sehingga menunggu tidak lagi membosankan. Jadikan waktu menunggu sebagai hal positif untuk memunculkan ide dan kreativitas. Respon rasa bosan dengan hal positif pula, sehingga membuat Anda lebih produktif  lagi. Anda juga bisa mengatasi rasa bosan saat menunggu dengan tips Anda sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menunggu itu Membosankan? Lakukan Tips Ini!"

Posting Komentar