Maksimalkan Belajar dengan Kekuatan Pikiran




Setiap manusia dianugerahkan akal dan pikiran yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Tahukah Anda, setiap pikiran manusia memiliki kekuatan luar biasa yang bisa mempengaruhi hal-hal yang terjadi. Pikiran bawah sadar manusia merupakan bagian otak yang membuat kesan maupun keputusan yang tidak sadar. Para psikolog mengatakan bahwa pikiran bawah sadar adalah sumber kesadaran spiritual, inspirasi, kreativitas, dan perasaan intuitif.
Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan kekuatan pikiran, Anda dapat melihat perubahan yang terjadi dalam kehidupan Anda. Bahkan, kekuatan pikiran dapat membantu Anda dalam memaksimalkan belajar hingga meraih kesuksesan. Bagaimana cara memaksimalkan belajar dengan kekuatan pikiran? Berikut penjelasnnya

Maksimalkan Pikiran Bawah Sadar
Maksimalkan pikiran bawah sadar Anda untuk meningkatkan perfoma diri dan memaksimalkan kemampuan yang ada di dalam diri. Berikut cara memaksimalkan pikiran bawah sadar yang bisa Anda lakukan.
  1. Identifikasikan pikiran yang "meragukan diri sendiri"
Perasaan ragu pada kemampuan diri sendiri akan menghalangi Anda dalam meningkatkan performa diri untuk meraih kesuksesan. Jika Anda selalu meragukan diri sendiri, maka kemampuan dan peluang untuk meraih kesuksesan akan berkurang. Jika dalam pikiran muncul keraguan-keraguan yang akan menghalangi kinerja Anda, segera identifikasi perasaan tersebut. Cobalah melakukan hal-hal berikut ini:
·         Ketika muncul pikiran negatif dimana Anda mulai meragukan diri sendiri. Cari tahu dari manakah pikiran tersebut muncul dan mengganggu pikiran Anda. Lakukan analisis sehingga Anda menemukan hal-hal yang membuat Anda meragukan diri Anda sendiri. Berusahalah untuk menghilangkan keraguan-keraguan tersebut dan mulailah belajar.  
·         Yakinkan pada diri Anda bahwa jika Anda tidak pernah mencoba, Anda tidak akan tahu kesempatan di depan mata akan membuat Anda berhasil atau gagal.
  1. Mengembangkan pikiran positif
Tumbuhkan pikiran positif tentang keyakinan pada diri sendiri, bahwa Anda memiliki kemampuan untuk meraih kesuksesan seperti yang Anda impikan. Singkirkan pikiran "keraguan" yang dapat menghentikan langkah Anda untuk berkembang. Dengan pikiran positif inilah, Anda akan lebih mudah meningkatkan kemampuan Anda dan menerima hal-hal positif dari lingkungan sebagai kekuatan. Bagaimana cara meningkatkan pikiran positif? Cobalah lakukan hal-hal berikut ini!
·         Sadari bahwa setiap orang memiliki kekuatan, kemampuan, dan bakat masing-masing. Termasuk Anda yang juga memiliki kekuatan untuk meraih impian Anda.
·         Fokus pada hal yang ingin Anda ubah ke arah yang lebih baik. Daripada berfokus pada hal-hal yang membuat Anda berkutat pada kesalahan dan kekurangan, lebih baik fokuskan diri pada hal-hal yang ingin Anda perbaiki.
·         Mulailah katakan hal positif pada diri sendiri. Tak hanya menjaga ucapan kepada orang lain. Anda juga perlu menjaga ucapan untuk diri sendiri. Jangan sampai Anda memaki diri sendiri dan mengeluarkan kata negatif. Biasakan untuk berkata hal-hal yang positif untuk diri sendiri. Kata-kata positif tersebut akan masuk ke pikiran bawah sadar dan terekam dalam otak. Yang akhirnya akan membuat diri Anda memiliki energi positif.
  1. Ubah cara untuk mencapai tujuan
Cek kembali cara-cara yang baru Anda rencakanan atau sudah dilakukan untuk meraih tujuan. Jika tujuan Anda belum tercapai dengan cara yang dulu, tak ada salahnya mengubah rencana agar semakin dekat dengan tujuan. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan teknik SMART untuk mengubah rencana Anda sehingga lebih mudah mencapai tujuan. Teknik SMART yang perlu Anda lakukan yaitu:
·         Specific (spesifik). 
     Buatlah tujuan yang ingin dicapai secara spesifik, hal ini akan membantu Anda lebih mudah mencapai tujuan.

·         Measurable (dapat diukur). 
      Tujuan yang telah Anda tetapkan harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.

·         Achievable (dapat dicapai). 
   Pastikan bahwa tujuan yang Anda tetapkan memiliki peluang besar untuk tercapai. Jangan terfokus pada tujuan-tujuan Anda yang membuat Anda gagal meraihnya. Namun, fokuskan diri untuk mencapai tujuan yang bisa tercapai. Tentunya tujuan yang ingin dicapai harus dipertimbangkan dengan keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki.

·    Results-focused (berfokus pada hasil). 
   Buatlah tujuan dan hasil akhir yang akan Anda capai. Jangan melakukan aktivitas yang Anda sendiri tidak tahu hasil akhirnya seperti apa. Meskipun, Anda tidak bisa memastikan hasil akhir dari usaha Anda, tetapi pastikan Anda sudah merancang dan menetapkan hasil akhir yang ingin Anda raih dari tujuan tersebut apa.

·         Time-bound (terikat waktu). 
    Tujuan Anda harus terikat waktu, artinya Anda harus memiliki tenggat waktu untuk mewujudkan tujuan Anda. Hal ini bisa membantu mengarahkan Anda untuk lebih fokus mewujudkan tujuan berdasarkan waktu yang sudah Anda tetapkan.

  1. Ubah pikiran bawah sadar
Tahukah Anda bahwa pikiran bawah sadar akan mempengaruhi hal-hal yang terjadi pada Anda. Hal ini juga berlaku dalam proses belajar dan menciptakan konsentrasi. Jika pikiran Anda dalam suasana hati yang buruk atau negatif, maka aktivitas yang Anda lakukan menjadi tidak menyenangkan. Konsentrasi belajar tentunya akan menurun.

Ketika Anda ingin memaksimalkan belajar, sehingga bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi. Cobalah ubah pikiran bawah sadar dengan hal-hal positif. Jika tugas yang Anda kerjakan sulit, jangan membiarkan hal negatif masuk dalam pikiran bawah sadar dan menyimpan memori bahwa “ini sulit”. Cobalah memasukkan hal positif pada pikiran bahwa sadar Anda, bahwa hal yang Anda hadapi mudah dan Anda bisa menyelesaikannya. Hal tersebut akan memberikan pengaruh pada pikiran bawah sadar dan mempengaruhi pikiran Anda. Sehingga apa yang Anda kerjakan terasa mudah.

  1. Hentikan melakukan kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk akan mendorong Anda memiliki sikap negatif dalam menghadapi segala sesuatu, termasuk dalam hal belajar. Kebiasaan malas, mengeluh, merendahkan kemampuan diri sendiri, dan sebagainya perlu Anda hilangkan. Tahukah Anda, kebiasaan buruk yang Anda lakukan dapat mempengaruhi kekuatan pikiran, sehingga energi yang terpancar dari dalam diri Anda adalah energi negatif.
Cobalah menciptakan kebiasaan postif sehingga Anda bisa memaksimalkan kekuatan pikiran yang akan mempermudah Anda dalam belajar. Kebiasaan positif yang Anda lakukan akan masuk dalam kekuatan otak bawah sadar, yang secara langsung mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Tentunya, aktivitas yang Anda lakukan menjadi lebih positif.

  1. Bukalah diri dengan cara pikir yang baru
Jangan ragu untuk membuka diri Anda dengan pemikiran baru yang bisa membuat Anda lebih berkembang. Ketika Anda mengizinkan pikiran bawah sadar ikut berperan dan memasukkan hal-hal positif ke dalamnya, maka Anda bisa menemukan cara berpikir yang baru. Hal ini akan membantu Anda menemukan solusi dari situasi yang sulit dan membuat Anda berhenti memaksa dunia menemukan mengikuti cara pandang Anda. Namun, dengan kekuatan pikiran yang Anda miliki, Anda dapat menggiring pikiran Anda menghadapi kesulitan dalam belajar  dengan cara yang tepat.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk maksimalkan belajar dengan kekuatan pikiran. Sehingga tujuan yang Anda tetapkan dapat tercapai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Maksimalkan Belajar dengan Kekuatan Pikiran"

Posting Komentar