Kenali Pertanda Tubuh Sehat dan Pikiran Sehat




Kesehatan merupakan investasi penting jangka panjang yang bisa mendukung kesukseskan seseorang, baik itu kesehatan fisik maupun batinnya. Sehat fisik dan pikiran akan membuat seseorang dapat menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan baik dan lancar. Berbeda halnya jika sedang sakit, tentu akan menghambat fungsi tubuh dan pikiran untuk menjalankan aktivitas.

Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sangatlah penting. Kesehatan tubuh dan pikiran yang terjamin, akan mendorong seseorang lebih produktif dalam menghasilkan sesuatu. Untuk itu, kenali terlebih dahulu pertanda bahwa tubuh dan pikiran Anda sehat. Jangan abaikan pula untuk selalu meningkatkan kesehatan dengan cara yang tepat.

Pertanda bahwa fisik sehat
Sehat fisik artinya kondisi tubuh dalam keadaan fit dan mampu melakukan fungsinya dengan baik. Kenali dan cek apakah kondisi fisik Anda sudah sehat? Berikut ini hal-hal yang menandakan bahwa fisik Anda dalam keadaan sehat.

  1. Tubuh dalam keadaan segar dan fit
Fisik yang sehat ditandai dengan tubuh dalam keadaan fit, segar (fresh), dan lebih bersemangat. Sehingga Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa mengeluhkan rasa sakit. Anda juga lebih mudah berkonsentrasi saat memiliki tubuh yang sehat.

  1. Tidak mudah terserang penyakit
Tubuh yang sehat memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Meskipun Anda berada di lingkungan yang banyak orang terkena sakit, tubuh Anda tidak mudah tertular penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Memiliki tidur yang berkualitas
Jika tubuh Anda sehat, Anda akan memiliki tidur yang berkualitas. Artinya, mudah terlelap tidur di malam hari. Anda tidak akan mengalami insomnia atau kecemasan saat akan tidur. Setelah bangun tidur di pagi hari pun, Anda akan merasa lebih segar dan bersemangat.


  1. Nafsu makan normal
Saat tubuh dalam keadaan sakit, biasanya nafsu makan akan ikut menurun. Namun, jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda memiliki nafsu makan seperti biasanya, dapat dikatakan bahwa fisik dalam keadaan sehat.

  1. Memiliki semangat dalam beraktivitas
Fisik yang sehat akan membuat seseorang lebih aktif dalam beraktivitas. Hal ini dapat dilihat dari semangat kerja yang ditunjukkan. Orang yang memiliki semangat tinggi, tidak mudah lelah, dan mudah berkonsentrasi, dapat dikatakan bahwa kondisi fisik dalam keadaan sehat.

  1. Memiliki berat badan ideal
Kesehatan fisik bisa ditinjau dari postur tubuhnya. Seseorang yang dapat menjaga keseimbangan postur tubuh atau memiliki tubuh yang ideal, cenderung lebih sehat secara fisik daripada mereka yang mengalami masalah berat badan, seperti obesitas.

Itulah ciri-ciri yang menandakan bahwa tubuh atau fisik dalam keadaan sehat. Lalu bagaimana dengan kesehatan pikiran? Apakah tubuh yang sehat menandakan pikiran yang sehat? Jawabannya belum tentu. Untuk itu simak juga ciri-ciri yang menandakan pikiran sehat seperti di bawah ini!

Pertanda bahwa pikiran sehat
Kesehatan pikiran atau mental yaitu kondisi individu yang terhindar dari segala macam gangguan psikologis atau dapat dikatakan bahwa seseorang tidak mengalami masalah disfungsi psikologis. Berikut ini ciri-ciri yang menandakan bahwa pikiran dalam keadaan sehat.

  1. Merasa nyaman dengan diri sendiri
Pertama, seseorang yang memiliki pikiran atau mental yang sehat akan cenderung nyaman dengan diri mereka. Artinya, mereka puas dengan apa yang dimiliki, mampu mengontrol emosi, dan mampu beradaptasi dengan segala kondisi.

  1. Merasa nyaman saat berhubungan dengan orang lain
Kesehatan pikiran dapat ditandai dengan perasaan nyaman ketika berhubungan dengan orang lain. Banyak orang yang merasa sedang tidak dalam kondisi pikiran atau mental yang sehat, cenderung sulit membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Pikiran dengan kondisi yang sehat akan membuat seseorang berpikir lebih jernih, saling menghargai, dan saling mencintai secara universal.
  1. Memiliki motivasi hidup yang tinggi
Banyak orang yang kehilangan semangat hidup saat dirinya merasa tertekan atau mengalami gangguan mental. Berbeda dengan orang yang memiliki mental yang sehat, akan memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalani kehidupannya. Ia akan terus berkembang menjadi lebih baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan meraih impiannya.

  1. Tidak mudah terkena stress
Saat kondisi psikologi seseorang terganggu, maka ia akan lebih mudah mengalami stress. Stres tersebut bisa datang karena masalah pekerjaan, rumah tangga, maupun hubungan sosial. Namun, orang yang memiliki pikiran yang sehat lebih mudah mengontrol emosinya sehingga dapat mengatasi masalah dalam hidupnya dengan baik. Hal ini membuatnya tidak mudah terserang stress.

  1. Berpikir jernih dan mampu mengontrol emosi
Orang yang memiliki mental yang sehat, akan lebih mudah untuk berpikir jernih dalam merespon segala hal yang terjadi. Mereka juga mampu menjaga kestabilan emosinya, sehingga tidak mudah marah saat terprovokasi. Mereka juga mudah bangkit dari kesedihan yang sedang dialaminya.


  1. Menerima kritik
Individu yang memiliki mental yang sehat, akan menerima kritik yang diberikan padanya dengan baik. Ia tidak mudah marah atau tersinggung, saat ada orang yang mengomentari dirinya. Kritik membangun yang ia dapatkan akan dijadikan bahan instrospeksi diri.

Itulah ciri-ciri kondisi mental atau pikiran yang sehat. Fisik sehat dan pikiran sehat perlu seimbang, karena keduanya akan saling mempengaruhi. Tak cukup hanya menjaga kesehatan fisik atau pikiran saja, tapi keduanya harus selalu dijaga. Bagaimana cara menjaga kesehatan fisik sekaligus kesehatan pikiran? Berikut ini penjelasannya!

Cara menjaga kesehatan fisik dan pikiran
Anda bisa menjaga kesehatan fisik dan pikiran secara bersamaan dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Berolahraga secara rutin
Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan berolahragalah secara rutin setiap hari. Tidak perlu dalam waktu yang lama, Anda bisa melakukan olahraga rutin sekitar 15 – 30 menit per hari. Olahraga akan membuat tubuh bergerak dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain menyehatkan fisik, olahraga juga membantu meningkatkan kesehatan pikiran, bahkan meningkatkan daya ingat.

  1. Yoga atau meditasi
Cara menjaga kesehatan fisik dan pikiran yang kedua yaitu dengan melakukan yoga atau berlatih meditasi. Hal ini untuk merilekskan pikiran dan membuat pikiran lebih tenang, sehingga membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara bertahap. Latihan meditasi atau yoga secara rutin dapat meningkatkan produktivitas kinerja seseorang.

  1. Mengonsumsi makanan sehat
Makanan yang kita konsumsi bisa memberikan nutrisi atau racun bagi tubuh maupun pikiran sesuai dengan jenis makanannya. Jika Anda mengonsumsi makanan sehat, maka kesehatan fisik dan pikiran akan lebih terjamin. Begitu sebaliknya, jika banyak makanan tak sehat seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji/instan dan alkohol, dapat menimbulkan berbagai penyakit fisik maupun mental.

  1. Banyak minum air putih
Disarankan untuk mengonsumsi air putih 8 – 10 gelas dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan cairan bisa menimbulkan dehidrasi yang akan mengganggu kesehatan fisik maupun pikirannya. Akibatnya, produktivitas kerja menurun dan pikiran lebih mudah terkena stress. 

  1. Waktu istirahat cukup
Jangan menjadikan kesibukan Anda sebagai alasan tidak punya waktu beristirahat. Sesibuk apapun aktivitas Anda gunakan 6 – 8 jam sehari untuk beristirahat. Kekurangan istirahat justru akan membuat performa fisik dan pikiran menurun. Seseorang akan lebih mudah kehilangan konsentrasi dan menjadi tidak fokus.

  1. Check-up kesehatan secara berkala
Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan medis secara berkala, untuk memastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan sehat. Sehingga jika ditemukan gangguan atau penyakit tertentu, Anda dapat melakukan penanganan sejak dini.

Jaga fisik dan pikiran Anda agar tetap sehat sehingga membuat Anda lebih bahagia setiap harinya. Demikianlah ulasan tentang kesehatan fisik dan pikiran yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Pertanda Tubuh Sehat dan Pikiran Sehat "

Posting Komentar