Jadikan Meditasi sebagai Gaya Hidup





Tak hanya sebagai bentuk kegiatan spiritual, kini meditasi juga banyak digunakan sebagai gaya hidup beberapa orang. Meditasi membuat seseorang menjadi lebih rileks, konsentrasi, dan lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Tak hanya itu saja, ternyata meditasi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah yang akhirnya, membuat meditasi menjadi sesuatu yang umum dan menjadi gaya hidup sehari-hari.
Seorang Biksu dan tokoh agama, Dalai Lama memiliki hobi bermeditasi yang membuatnya tampak tenang dan bahagia. Tak hanya Dalai Lama, seorang ilmuwan di bidang saraf, Dr. Sanjay Gupta juga menjadikan meditasi sebagai bagian dari kehidupannya.

Pesohor Dunia Jadikan Meditasi sebagai Gaya Hidup
Tak hanya Dalai Lama dan Dr. Sanjaya saja, beberapa tokoh dunia juga melakukan meditasi. Bahkan menjadikan meditasi sebagai gaya hidup, meraka adalah:

  1. Katy Perry
Kita mengenal Katy Perry sebagai seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Di tengah aktivitasnya yang sibuk, Katy Perry mengaku bahwa dirinya selalu meluangkan waktu sekitar 20 menit untuk melakukan meditasi. Seperti yang diungkapkan Katy Perry dalam wawacara dengan Majalah Marie Claire, baginya meditasi mampu memberikan mood yang baik. Meditasi membuat pikirannya benar-benar dapat berinstirahat dengan total.

  1. Hugh Jackman
Hugh Jackman merupakan seorang aktor, penyanyi dan produser Australia. Saat dirinya tampil dalam acara bincang-bincang bersama Oprah Winfrey, Hugh mengaku bahwa meditasi membuatnya “melepaskan segalanya”. Disitulah,, ia mulai menemukan sumber kekuatan yang baru dan membawanya pada ketenagan dan perasaan bahagia.

  1. Nicole Kidman
Dalam wawancaranya kepada InStyle Magazine, Nicole Kidman menungkapkan bahwa dirinya melakukan meditasi sejak usia 20 tahun. Kini Nicole berusia 51 tahun dan merupakan seorang aktris asal Australlia. Nicole melakukan meditasi sekitar 20 – 30 menit setiap harinya. Bahkan, ia menggunakan aplikasi khusus yang digunakan sebagai timer untuk melakukan meditasi.

  1. Clint Eastwood
Aktor dan juga sutradara, Clint Eastwood telah melakukan meditasi selama 40 tahun. Kebiasaan bermediatasi ia lakukan untuk mengatasi PTSD (post Traumatic Stress Syndrome) yang pernah dialami.

  1. Gisele Bundchen
Selanjutnya, ada supermodel Gisele Bundchen yang juga menjadikan meditasi sebagai gaya hidupnya. Gisele mengaku bahwa meditasi sangat baik bagi kesehatannya, terlebih lagi ketika dirinya sedang hamil. Melakukan meditasi membuat Gisele mampu mengendalikan rasa sakit saat menjalani persalinan alami.

  1. Paul McCartney
Member band The Beatles, Paul McCartney mengaku bahwa meditasi membuat dirinya menemukan ketenangan.Tak hanya Paul, bahkan seluruh anggota The Beatles juga melakukan hal yang sama dengan Paul. Mereka merasakan manfaat luar biasa dari bermeditasi. Mereka merasa mendapatkan energi yang baik setiap harinya, sehingga semua aktivitasnya berjalan lancar.

  1. Oprah Winfrey
Seorang selebriti dan pengusaha asal Amerika serikat, Oprah Winfrey, mengaku mengajak orang-orang di kantornya untuk melakukan meditasi. Ia menjelaskan bahwa dengan sejenak bermeditasi bisa berdampak menguntungkan bagi perusahaan. Para karyawan yang sering mengalami migran, dapat sembuh secara bertahap dengan melakukan meditasi. Meditasi juga bisa mengubah pola tidur menjadi lebih baik.
  1. Steve Jobs
Steve Jobs, tokoh dunia paling berpengaruh yang merupakan pendiri Apple ini menuliskan dalam biografinya bahwa “Jika Anda duduk, Anda akan menyadari bahwa pikiran tidak bisa beristirahat. Saat Anda coba untuk menenangkannya, ini tidak mudah malah justru berdampak buruk. Namun, ketika Anda bertahan dan terus melakukannya dari waktu ke waktu, maka pikiran akan semakin tenang”.

  1. Angelina Jolie
Terakhir, Angelina Jolie yang merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Ia kerap meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Saat anak-anak bermain, Jolie akan berada di sekitar mereka sambil bermeditasi. Bermeditasi mampu melepaskan beban pikiran.

Terlihat bahwa meditasi tidak hanya dilakukan oleh praktisi meditasi saja. Namun, banyak tokoh dunia yang juga melakukan meditasi bukan hanya sebagai kegiatan spiritual pada agama tertentu saja. Akan tetapi, meditasi yang dilakukan sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari.

Menumbuhkan kebiasaan meditasi sebagai gaya hidup
Bapak Anand Krishna seorang pendiri Yayasan Anand Ashram, menjadikan meditasi sebagai gaya hidup yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi tak hanya memberikan manfaat bagi diri sendiri, akan tetapi mampu memberikan manfaat bagi orang lain dan sekitarnya, bahkan dunia. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan meditasi sebagai gaya hidup bagi pemula? 

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Inner Peace (Kedamaian dalam diri)
Bagi para pemula, tidak semua orang mudah melakukan meditasi. Oleh sebab itu, langkah awal memulai meditasi adalah membuat diri kita damai terlebih dahulu. Kedamaian yang dimaksud adalah menyiapkan diri untuk melakukan meditasi dan membuat diri kita rileks. Hal ini bisa dilakukan dengan cara saling sharing kepada teman dekat tentang masalah dan beban yang Anda miliki. Dari sharing tersebut, Anda bisa mendapatkan solusi yang membuat Anda lebih tenang, sehingga siap untuk melakukan meditasi.

  1. Communal Love (Melayani sesama)
Meditasi yang digunakan sebagai gaya hidup tak hanya sebatas duduk diam. Meditasi ini memiliki makna yang lebih universal berkaitan dengan sikap kita pada masyarakat. Makna melayani sesama ini dapat diimplementasikan dengan cara berbagi dan melayani sesama individu maupun masyarakat. Seperti melakukan bakti sosial atau amal. Kegiatan ini bisa mengurangi ego dalam diri seseorang dan membuatnya menjadi lebih tenang.

  1. Global Harmony (Perdamaian dunia)
Cara terakhir yaitu menciptakan perdamaian dunia. Setelah kita bisa membuat diri sendiri merasa damai dan melakukan tindakan positif kepada masyarakat yang membuat diri kita semkain damai, maka selanjutnya kita bisa melakukan seseuatu yang bisa membuat dunia menjadi damai. Meditasi dalam rangka perdamaian dunia dapat dilakukan dengan menumbuhkan sikap toleransi terhadap budaya luar. 

Itulah cara menumbuhkan kebiasaan meditasi sebagai gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi memiliki manfaat bagi orang yang melaksanakannya, khususnya manfaat bagi kesehatan.

Manfaat meditasi bagi kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan yang bisa Anda simak!

  1. Mengurangi stress
Stress bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan tidur, meningkatkan tekanan darah, cemas, hingga depresi. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Selain melakukan pengobatan medis, stress bisa diatasi dengan melakukan meditasi secara rutin.

  1. Melawan depresi
Dalam jangka panjang stress bisa berujung depresi. Melalui meditasi, depresi bisa dilawan secara bertahap. Meditasi banyak digunakan sebagai terapi untuk melawan depresi karena mampu memberikan ketenangan dan kedamaian.

  1. Mengontrol rasa cemas
Rasa cemas dan panik bisa dialami oleh siapa saja saat menghadapi suatu kondisi tertentu. Kebiasaan meditasi bisa membantu seseorang bisa mengontrol rasa cemas, sehingga tidak mudah panik dalam menghadapi suatu masalah.

  1. Memperkuat daya ingat
Meditasi bisa membantu meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, fungsi otak dalam mengingat semakin menurun. Dengan menjadikan meditasi sebagai kebiasaan, akan melatih seseorang meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Penyakit darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras. Hal tersebut memicu otot jantung menjadi menegang. Meditasi bisa mengurangi ketengan otot jantung sehingga tekanan darah pun menjadi menurun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadikan Meditasi sebagai Gaya Hidup"

Posting Komentar