Cara Lakukan Mental Detox untuk Hidup Lebih Bahagia



Setiap orang tentu menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Namun, kenyataannya ada beberapa hal yang membuat diri kita lebih banyak menderita daripada bahagia. Persoalan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Orang yang mudah tertekan, stress, dan berpikir negatif lebih sulit untuk merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.
Kebahagiaan yang kita rasakan, bisa berasal dari pikiran kita sendiri. Pikiran memiliki kekuatan besar yang dapat mempengaruhi segala sesuatu di luar pikiran. Sama halnya dengan kebahagiaan yang bisa datang dari pikiran kita sendiri. Kebahagiaan tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan “Mental Detox”.

Apa itu Mental Detox?
Mental detox merupakan cara membersihkan pikiran dengan mengeluarkan hal-hal negatif atau mind set keliru dan memasukkan informasi positif dalam pikiran seseorang. Fisik dan mental perlu dibersihkan secara rutin, seperti tubuh yang perlu dibersihkan dengan cara mandi agar tetap bersih dan sehat. Begitu pula dengan pikiran atau mental yang juga perlu dilakukan pembersihan.
Membersihkan tubuh dari kotoran dengan membersihkan pikiran dari hal negatif tentu dilakukan dengan cara yang berbeda.  Seorang motivator dunia, Anthony Robbins menyarankan kepada orang-orang untuk melakukan “mental detox” dengan cara tidak mengonsumsi sama sekali berita negatif dalam kurun waktu tertentu. Anthony mencontohkan untuk tidak mendengarkan, melihat, atau membaca informasi atau konten negatif selama seminggu.

Bagaimana cara memulai melakukan Mental Detox?
Anda bisa melakukan mental detox untuk mengisi pikiran hal-hal positif dalam pikiran Anda dengan berbagai cara. Artinya sumber mental detox bisa berasal dari mana saja, mulai dari berita, buku, media (foto dan video), audio dan sebagainya. Anda bisa memulainya dengan cara melakukan obrolan atau percakapan dengan orang-orang di sekitar Anda. Pastikan topik yang dibahas atau dibicarakan adalah topik yang bernilai positif dan bermanfaat.
Anda juga bisa melakukan mental detox melalui media-media di sekitar Anda. Misalnya mendengarkan siaran radio, menonton video motivasi, membaca buku pengembangan diri, dan sebagainya. Cara-cara tersebut perlahan dapat mengisi pikiran Anda dengan hal-hal positif, yang secara tidak langsung telah mengeluarkan hal-hal negatif yang menjadi racun dalam pikiran Anda.

Seperti apakah proses Mental Detox itu?
Berbicara mengenai Mental Detox, bukan suatu hal yang bisa diselesaikan dalam satu kali percobaan. Artinya, membersihkan pikiran dari racun atau hal negatif itu tidak bisa dilakukan hanya dalam satu hari. Ada proses secara bertahap yang akan Anda alami. Ilustrasinya, Anda tidak bisa hanya menonton video motivasi satu kali saja, lalu bisa menjadi orang yang sukses.
Melakukan Mental Detox butuh pembiasaan, yang akhirnya akan menjadi kebiasaan rutin yang Anda lakukan. Seperti halnya saat Anda sakit, Anda tidak akan langsung sembuh hanya dengan meminum obat satu kali saja. Anda harus mengonsumsi obat dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan aturan pakai. Begitu pula dengan Mental Detox, anggap saat ini pikiran sedang dalam keadaan sakit atau terdapat racun dalam pikiran. Kita perlu mengeluarkan racun tersebut dan membuat pikiran sehat dengan cara mengonsumsi hal-hal positif yang kita ibaratkan sebagai obat.

Ilustrasi proses Mental Detox melalui membaca buku
Untuk memahami proses Mental Detox lebih lanjut melalui buku bacaan, perhatikan ilustrasi contoh berikut ini!
  1. Pertama, siapkan buku bacaan yang memiliki nilai positif, misalnya buku motivasi atau pengembangan diri.
  2. Luangkan waktu untuk membaca buku tersebut mulai dari 15 – 60 menit setiap harinya atau sesuai waktu luang yang Anda miliki.
  3. Kemudian terapkan 5 M “Membaca, Merenungkan, Mengingat, Membagikan, Menerapkan”.
·         Membaca. Gunakan waktu luang Anda untuk membaca buku yang sudah disiapkan.
·         Merenungkan. Setelah selesai membaca, renungkan setiap makna dari tulisan yang sudah Anda baca.
·         Mengingatkan. Ingat kembali apa yang yang sudah Anda baca dan renungkan. Ingat isi dan makna dari buku yang Anda baca untuk dijadikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Tanamkan intisari atau makna buku dalam pikiran Anda, sehingga bisa Anda ingat dikemudian hari.
·         Membagikan. Share atau bagikan apa yang Anda dapatkan dari hasil membaca kepada orang lain. Anda bisa berbagi cerita secara langsung maupun melalui media sosial atau blog.
·         Menerapkan. Jadikan membaca yang Anda lakukan menjadi sesuatu yang dapat merubah hidup Anda menjadi lebih baik, dengan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan hal positif yang Anda dapatkan dari buku menjadi kebiasaan dan membentuk karakter pribadi Anda menjadi lebih baik.

Cara mudah melakukan Mental Detox dengan 6 Langkah
Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan pikiran dari hal buruk dan mengisinya dengan hal positif. Sedikit pembahasan dengan cara melakukan mental detox sudah dituliskan di atas, mulai dari membaca buku, menonton video, dan sebaginya. Namun, Anda juga bisa melakukan mental detox dengan 6 langkah mudah berikut ini:

  1. Berpikir positif
Mulailah dengan mengajak pikiran untuk selalu berpikir positif. Pikiran mempengaruhi segala sesuatu yang terjadi pada diri kita. Jika kita fokus dengan hal-hal positif, maka kita akan menarik energi positif di sekitar kita. Begitu pula, jika kita mengisi pikiran kita dengan hal positif, maka hal positif akan mengikuti kita.

  1. Berikan waktu pikiran beristirahat
Tak hanya fisik yang butuh beristirahat, pikiran atau mental juga butuh beristirahat. Berikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat dan bebas dari beban-beban yang menyebabkan Anda tertekan atau stress. Anda bisa mengistirahatkan pikiran dengan cara bermeditasi. Meditasi membuat pikiran menjadi lebih rileks, segar, dan damai.

  1. Habiskan waktu Anda untuk hal-hal yang dapat dikendalikan
Gunakan waktu Anda untuk melakukan sesuatu yang memang bisa Anda kontrol atau kendalikan. Jangan biarkan diri Anda stress dengan pikiran negatif. Tidak ada gunakan melakukan berbagai hal yang tidak dapat Anda kontrol dan menimbulkan stress. Jangan biarkan suatu peristiwa yang tidak dapat Anda kontrol tersebut menghalangi semangat dan kebahagiaan Anda.

  1. Ungkapkan perasaan batin Anda
Cobalah untuk jujur pada diri sendiri, ungkapkan perasaan batin Anda pada diri sendiri. Jika Anda merasa memiliki suatu tekanan atau masalah, ungkapkan perasaan tersebut pada seseorang yang Anda percaya. Atau tuliskan apa yang Anda rasakan dalam jurnal. Hal ini seperti mengeluarkan racun (pikiran dan perasaan negatif) dalam pikiran Anda agar Anda dapat mengisinya dengan hal perasaan positif atau bahagia.

  1. Selaraskan hidup Anda
Biasakan diri untuk menyeimbangkan segala sesuatu dalam kehidupan Anda. Selaraskan antara pikiran, ucapan, dan tindakan Anda. Perbanyak bersyukur dengan hal-hal yang terjadi dan biarkan hal-hal positif memasuki pikiran Anda terus menerus.

  1. Bersihkan segala sesuatu yang membuat sesak di sekitar Anda
Ketika lingkungan Anda bersih, maka pikiran juga akan lebih jernih. Anda dapat memulai dengan membersihkan ruangan, menata ulang tata letak barang-barang, hingga membuang atau menghapus file yang tidak penting.

Mudah bukan? Itulah 6 langkah melakukan mental detox yang sederhana yang bisa membuat Anda bahagia. Anda bisa mencobanya sendiri atau melakukan mental detox dengan cara yang lain. Selamat mencoba mental detoxnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Lakukan Mental Detox untuk Hidup Lebih Bahagia"

Posting Komentar